Indonesia, Tanah yang Kucintai

17 Agustus tahun 45...
Itulah hari kemerdekaan kita...
Hari merdeka,
Nusa dan bangsa,
Hari lahirnya bangsa Indonesia...
Mer-de-ka....

Hari ini Indonesia merayakan kemerdekaannya. Sekali lagi, saya ucapkan "happy birtday, my Indonesia!".
Kalau dipikir-pikir, dirasa-rasa dan diraba-raba (alaah), ada yang berbeda dari perayaan HUT RI tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya.

Yup! Karena, tahun ini HUT RI bertepatan dengan bulan Ramadhan, otomatis lomba-lomba 17-an yang biasanya hadir dalam setiap tahun, sekarang jarang terlihat. Wong, lagi puasa, kok.
Di RT aku, yang biasanya ramai orang bersorak-sorai di hari-hari HUT RI begini, sekarang sepi senyap (nggak senyap-senyap banget sihh...).
Sensasi HUT RI, jadi berkurang, karena ditiadakannya lomba-lomba tersebut.
Walaupun begitu, upacara pengibaran bendera masih diadakan, seperti di istana negara, di sekolah-sekolah, dll.. Termasuk SMAN 5 Bekasi. My senior highschool.

Walaupun sebetulnya, kakiku udah goyang sana goyang sini waktu upacara bendera tadi pagi, tetapi waktu sesi pengibaran bendera, entah mengapa upacara serasa khidmat dan nikmat. Apalagi didukung dengan suara grup paduan suara yang merdu mendayu yang menyanyikan lagu Indonesia Raya. Serasa gimanaaa... gitu. Makin cinta sama Indonesia, *walaupun kondisinya begini.

Sayangnya, banyak rakyat Indonesia yang nggak cinta sama negaranya sendiri. Beberapa teman-temanku juga begitu. Kasihan Indonesia udah dimiskinin sama bangsanya sendiri, dibenci pula. Padahal, kalau ditutup sisi jeleknya, masih banyak sisi baik Indonesia. Kita ini kaya!

Tugas kita sekarang adalah bangkit, bukannya menjelek-jelekkan negara sendiri. Udah tau kondisinya begini, tetapi malah semakin dijatuhkan. Jangan cuma ngomong jelek, kalau sendirinya nggak bisa menghilangkan kejelekkan itu. Ayo bertindak!

Post a Comment

0 Comments