Kenapa Aku Selalu Gagal?

Sebenarnya, malu juga sih, buat artikel kayak gini. Kesannya kayak curhat gitu. Yah... nggak apa-apalah.Ya sudahlah, basa-basinya nggak usah lama-lama.

Pernah nggak sih kalian merasa gagal? Pernah dong ya. Kalau gagal itu rasanya nggak enak banget, kan? Apalagi kalau kita sudah meniatkan dan mengharap-harapkan sesuatu dan kita udah do'a sekhusyuk-khusyuknya, sampai sholat hajat serta berusaha mati-matian, tapi ternyata hasilnya NOL. Sakit banget kan rasanya?


Terkadang ketika gagal, disadari ataupun tanpa kita sadari kita menyalahkan Tuhan. Kita ngerasa Tuhan nggak adil, atau kita fikir Tuhan nggak dengerin do'a kita dan nggak ngeliat usaha kita. Jika kita merasa seperti itu, artinya kita SALAH BESAR.

Kalau kita mau berfikir lebih dalam dan lebih jernih lagi, fikirkanlah, mungkin nggak sih Tuhan nggak denger dan nggak liat usaha kita? Kayaknya nggak mungkin banget deh... Tuhan itu nggak pernah tidur, juga Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Dalam salah satu ayat dalam Al-Qur'an, Allah sudah menjelaskan bahwa belum tentu yang buruk untuk kita itu buruk bagi Allah. Dan belum tentu juga yang baik bagi kita baik bagi Allah. Tuhan itu lebih tahu yang mana yang baik dan apa yang sebenarnya kita butuhkan daripada kita sendiri.

Jadi, jangan pernah takut gagal lagi. Lebih hebat orang yang besar gagalnya, tapi doa dan usahanya juga besar, daripada berhasil tapi usahanya kecil. Ingat! Allah melihat proses, bukan hasil. Selalu berfikir POSITIF, berdoa dan lakukan yang terbaik semampu kita. Kalah menang urusan yang di atas. Hidup itu gampang, indah dan membahagiakan kalau kita tahu bagaimana caranya mengkondisikan hati dalam kebahagiaan.

Selalulah memohon petunjuk dari Tuhan dan minta ditunjukkan jalan-Nya yang benar. Insyaallah... sebesar apapun kegagalan kita itulah jalan terbaik yang diberikan Tuhan.

Kalau kita gagal sekarang, anggap aja sekarang kita sedang berhenti atau beristirahat sejenak untuk mempersiapkan diri. Dan ketika kita sudah betul-betul siap, kita akan berlari kencang ke kanan dan naik untuk meraih KEBERHASILAN yang lebih besar lagi secara BERTURUT-TURUT.  

Post a Comment

0 Comments