Mengenang MOS Dulu

Mungkin di dua minggu ini, kita lagi sering-seringnya melihat bocah-bocah sekolahan yang berlalu lalang pakai atribut yang neko-neko. Ya, sudah ketebak, pasti mereka lagi masa orientasi di sekoahnya, bukan?

Ngomong-ngomong soal MOS, aku jadi teringat tahun lalu. Waktu aku juga mengalami masa-masa sejenis itu. Cuma kalau disekolahku judul acaranya bukan MOS (Masa Orientasi Siswa), tapi dikerenin dikit lagi, jadinya POPDB alias “Pekan Orientasi Peserta Didik Baru”. Nah lho, panjang amet , yak!

Hihi... lucu kalau ingat-ingat zaman-zaman tertindas itu lagi. Rasanya jungkir balik banget dari masa-masa sekarang. Kalau sekarang sih aku udah bebas, lepas, terbang, terus ditangkep orang (lho?). Yah... yang jelas beda banget deh. Kamu juga tahu rasanya kayak apa, kan? Ya udah, kayaknya nggak usah dijelasin lagi. Aku yakin, kamu pasti udah tau kayak gimana rasanya (Nih, orang sebenernya mau nulis apaan sih??!).

Tahun lalu, tepatnya sekitar bulan Juni-Juli, aku masih berpredikat sebagai murid baru di SMAN 5 Bekasi. Masih bertampang lugu kayak Bubu (Ingat Bubu si siluman anjing berbentuk mobil di film kartun Bubu dan Caca?). Waktu itu, aku mengalami masa orientasi selama seminggu. Seminggu masa orientasi memang terasa beraaattt... banget. Disuruh bawa ini itu, dikasih peraturan dan larangan yang serba ketat, dateng pagi, dimarahin senior, dan merasakan perasaan yang nggak enak deh pokoknya. Capek.

Masih ingat, waktu itu aku disuruh buat name tag dengan ukuran 35x35 cm berbentuk rumah adat. Berhubung aku dinobatkan sebagai anggota gugus 6 alias gugus Jogja, jadi aku harus buat name tag itu berbentuk rumah adat Jogja. Kebayang kan gedenya kayak gimana. Udah gitu, name tag tadi harus di pakai beberapa meter sebelum masuk gerbang sekolah. Jadi nantinya ada senior yang mantau beberapa jarak dari sekolah. Fiuhh....

Oh iya, biar kalian nggak penasaran (siapa juga yang penasaran), ini aku fotoin name tag buatanku sendiri itu. Udah agak lapuk dan usang, soalnya udah disimpen setahun.

Belum lagi, aku juga harus buat tas daur ulang. Tasnya harus terbuat dari segala macem bungkusan plastik produk-produk bekas. Waktu itu aku bingung mau buat berbentuk apa. Untungnya temanku Hani (yang sekolahnya di MAN 2 Jakarta) punya karung segitiga biru yang udah dibentuk tas (bekas MOS dia seminggu sebelumnya) dan dia kasih ke aku karung itu. Akhirnya, karung itu kutempelin + jait dikit-dikit dengan bungkusan plastik-plastik bekas itu. Alhasil begini deh jadinya....

Oya, waktu itu aku dan peserta POPDB lainnya juga nggak boleh bawa tas lain selain tas daur ulang yang kita buat ini. Huh.

Nggak cuma itu aja. Waktu MOS aku juga harus bawa buku tulis yang sudah ada catatan lengkap visi & misi SMAN 5 Bekasi, tata tertib POPDB, lagu yel-yel aneh-aneh, mars sekolah, jadwal acara POPDB dan kolom buat minta tanda tangan para senior. Bikin pegel aja. Ditambah beberapa dari catatan tadi, harus dihafal. Aku juga harus bawa air mineral yang 1500 ml. Bawa roti, makan siang yang menunya udah ditentuin sama senior, dan makannya dihitungin pakai waktu. Kan nggak enak, keselek-selek jadinya.

Untungnya masa orientasi yang aku alami nggak ada kekerasan fisik sama sekali. Paling-paling yang nggak enak cuma dimarah-marahin senior, plus ngerasa bosen ngeliat tampang senior yang jutek-jutek kayak kutek (?). Dan untungnya pembimbing gugus aku orangnya baik-baik, kayak nggak bisa marah gitu. Hehe (Makasih untuk Kak Chintya dan Kak Gilang).

Ya, mungkin masa-masa orientasi emang nggak enak, capek, terkadang nyebelin. Tapi, mungkin juga kalau nggak ada masa orientasi macam ini, masa-masa SMA jadi kurang berkesan. Ya, nggak? Pasti semua ada hikmah dan manfaatnya. Sabar aja ya, yang mungkin sekarang lagi mengalami masa-masa MOS itu. Jalanin aja, pasti nantinya juga berakhir dan bakal dikenang-kenang juga kok.

Ya sudah deh, kok nih posting isinya macem curhatan campur pengaduan begini, ya? Yah, anggep aja curcol-curcolan. Siapa tau aja bisa menjadi inspirasi buat yang lain (lho?).

Post a Comment

0 Comments