UN 2013, Gagal?

Alhamdulillah.... UN sudah selesai nih Teman2. Nggak terasa ya. Masa-masa di SMA benar2 akan segera berakhir. Ih, bener2 nggak kerasa.

Bagaimana menurut kalian UN tahun ini? Banyak wacana di TV yang beropini kalau UN tahun ini gagal. Setuju? Aku pribadi sih lumayan setuju. Karena banyak sekali miss di pelaksanaan UN tahun ini.
Mulai dari pengiriman naskah ujian nasional yang terlambat di 11 propinsi sampai jumlah naskah yang kurang, sehingga teman2 kita terpaksa menunggu fotokopian ujian nasional. Hal ini bisa berdampak juga pada psikologis murid2. Yang kemarin udah pada semangat, bergelora, tiba2 mendapat kabar kalau UNnya ditunda.


Namun di sisi lain, aku cukup salut dengan pemerintah yang mulai peduli dengan pelaksanaan UN ini. Pemerintah kita mulai berusaha meningkatkan aspek kejujuran dalam pelaksanaan UN ini. Ya, dengan diadakan sistem 20 paket, yang membuat siswa mau tidak mau harus kerja sendiri. Walaupun masih banyak juga oknum2 yang melakuakn transaksi jual-beli kunci jawaban.

Aku pribadi sangat sedih melihat Teman2 yang masih aja percaya dengan kunci jawaban. Kenapa sih nggak mau percaya dengan kemampuan yang udah Allah anugrahi pada kita? Sayang loh, anugrah itu nggak kita gunakan dengan semestinya. Sayang loh, pulang pergi ke sekolah, belajar di sekolah selama 3 tahun, tapi ujung2nya lulus ujian dengan kunci jawaban. Apalah arti ilmu yang ingin kita kejar selama ini.

Mau sampai kapan bangsa ini jadi bangsa yang manja? Yang nggak mau kerja keras dan selalu bergantung pada orang lain. Aku kadang2 jadi gemas sendiri kalau memikirkan hal ini. Maaf jikalau kata2ku ini membuat kalian tersinggung.

Tapi suer deh, aku pengen banget Indonesia ini menjadi bangsa yang maju. Yang orang2nya ramah tamah, pekerja keras, jujur, hidup damai, adil dan sejahtera. Pokoknya itu impianku banget deh! Ayolah Teman2 kita rubah Indonesia ini jadi lebih baik lagi. Jangan hanya ngedumel menyalahkan pemimpin kita. Tapi kita juga harus berusaha memperbaiki Indonesia ini. Biarlah generasi di atas kita itu pada korupsi, tapi kita jangan ikut2an korupsi juga. Oke, Teman2?

Dan aku berharap, jikalau tahun depan ada UN lagi, semoga pelaksanaannya lebih baik dari tahun ini. Sebenarnya UN tahun ini udah keren banget. Sistemnya 20 paket dan pakai barcode. Mungkin karena ini hal yang baru, mungkin juga saking banyaknya paket, jadi kurang dalam persiapannya. Semoga tahun depan lebih siap lagi ya, Pak Pemerintah. (Kayak dibaca sama pemerintah aja, hehe)

Apapun yang terjadi, pokoknya untuk teman2 ku yang hari ini masih melaksanakan ujian nasional, tetap semangat ya! Tetap do the best pokoknya. Semoga kita bisa lulus dengan hasil terbaik nantinya. Juga bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi yang kita cita-ciatakan. Moga Allah selalu mendengar dan mengabulakn doa2ku dan doa2 kalian. Sukses ya!

Post a Comment

2 Comments

Silmy Kaaffah said…
bener banget feb kadang kita harus ngehargain pemerintah juga. emang agak bermasalah, tapi itu usaha pemerintah yg cukup kita acungi jempol. namanya awal, wajar kalau salah. tapi harus lebih diperbaiki lagi sistemnya:)
Febi M. Putri said…
Makasih komennya Silmy :), rupanya kita sependapat